SEBAB-SEBAB TIMBUL KLAIM
- SEBAB-SEBAB UMUM
KOMUNIKASI ANTARA PENGGUNA JASA DAN PENYEDIA JASA BURUK
ADMINISTRASI KONTRAK YANG TIDAK MENCUKUPI
SASARAN WAKTU YANG TIDAK TERKENDALI
KEJADIAN EXTERNAL YANG TIDAK TERKENDALI
KONTRAK YANG ARTINYA MENDUA
- SEBAB-SEBAB DARI PENGGUNA JASA
INFORMASI TENDER YANG TIDAK LENGKAP/ SEMPURNA MENGENAI DESAIN, BAHAN, SPESIFIKASI
PENYELIDIKAN SITE YANG TIDAK SEMPURNA/ PERUBAHAN SITE
REAKSI/ TANGGAPAN YANG LAMBAT
ALOKASI RESIKO YANG TIDAK JELAS
KELAMBATAN PEMBAYARAN
LARANGAN METODE TERTENTU
- SEBAB-SEBAB DARI PENYEDIA JASA
PEKERJAAN YANG CACAT/ MUTU PEKERJAAN BURUK
KELAMBATAN PENYELESAIAN
KLAIM TANDINGAN/ PERLAWANAN KLAIM
PEKERJAAN TIDAK SESUAI SPESIFIKASI
BAHANYANG DIPAKAI TIDAK MEMENUHI SYARAT GARANSI
KLAIM DPT TERJADI KARENA SEBAB-SEBAB YANG DATANGNYA BAIK DARI PENGGUNA JASA (PUGA) MAUPUN PENYEDIA JASA (PEJA) ATAU SEBAB-SEBAB LAIN. SESUNGGUHNYA INI YANG MENJD DASAR FILOSOFI ATAU PANDANGAN BAHWA KLAIM SESUNGGUHNYA SESUATU YANG WAJAR TERJADI DI DUNIA KONSTRUKSI.
UNSUR-UNSUR KLAIM
KLAIM-KLAIM KON YANG BIASA MUNCUL DAN PLNG SRNG TJD ADALAH KLAIM MENGENAI WAKTU DAN BIAYA SEBAGAI PERUAHAN PEKERJAAN.
NAMUN TERKADANG PEJA, DISAMPING MENGAJUKAN KLAIM UT PERUBAHAN PEKERJAAN, JG MENGAJUKAN KLAIM SEBAGAI DAMPAK TERHADAP PEKERJAAN YANG TDK BERUBAHà UT MENGHITUNG BIAYA PEKERJAAN YG TDK DIUBAH ADALAH TIDAK MUDAH.
BIAYA-BIAYA UT MELAKSANAKAN PERUBAHAN PEKERJAAN YG PALING BIASA TJD :
- KENAIKAN UPAH TENAGA KERJA/ TAMBAHAN ATAU UPAH YANG LBH TINGI
- TAMBAHAN MATERIAL DAN PERALATAN YANG DIPERLUKAN
- TAMBAHAN PENGAWASAN, ADMISTRASI DAN OVERHEAD
- TAMBAHAN WAKTU YG PERLU UT PELAKSANAAN
- MEMBUKA/ MENGERJAKAN KEMBALI PEKERJAAN
- PENURUNAN PRODUKTIVITAS ATAU EFISIENSI
- PENGARUH CUACA
- CATATAN MENGENAI HAMBATN-HAMBATAN DAN KELAMBATAN2
- DEMOBOBILISASI DAN REMOBILISASI
- PENANGANAN MATERIAL YANG BERLEBIAHAN
- BIAYA-BIAYA LEMBUR DAN WAKTU KERJA
- LEMBUR YANG BERLEBIHAN, YANG MENGARAH PENURUNAN PRODUKTIVITAS
- SALAH PENEMPATAN PERALATAN
- PENUMPUKAN PD TEMPAT KERJA
- DE-EFISIENSI DARI JENIS PEKERJAAN
KATEGORI KLAIM
KLAIM DAPAT DIKATEGORIKAN 3 :
- DARI PENGGUNA JASA TERHADAP PENYEDIA JASA
PENGURANGAN NILAI KONTRAK
PERCEPATAN WAKTU PENYELESAIAN PEKERJAAN
KOMPENSASI ATAS KELALAIAN PEJA
- DARI PENYEDIA JASA TERHADAP PUJA
TAMABAHAN WAKTU PELAKSANAAN PEKERJAAN
TAMBAHAN KOMPENSASI
TAMBAHAN KONSESI ATAS PENGURANGAN SPESIFIKASI TEKNIS ATAU BAHAN
- DARI SUB PEJA ATAU PEMASOK BAHAN TERHADAP PEJA UTAMA
JENIS-JENIS KLAIM
- KLAIM TAMBAHAN BIAYA DAN WAKTU
KETERLAMBATAN PENYELESAIAN PEKERJAAN à TAMBAHAN WAKTU DAN BIAYA
- KLAIM BIAYA TAK LANGSUNG (OVRHEAD)
KETERLAMBATAN PENYELESAIAN PEKERJAAN à TAMBAHAN WAKTU DAN BIAYA
- KLAIM TAMBAHAN WAKTU (TANPA TAMBAHAN BIAYA)
- KLAIM KOMPENSASI LAIN
PROSES PENANGANA KLAIM à TUGAS
CARA-CARA MENYELESAIKAN SENGKETA KONSTRUKSI
KLAIM BUKANLAH TUNTUTAN ATAU GUGATAN YANG SUDAH DIANGGAP BENAR KARENA KLAIM TIDAK SELALU DAPAT DISELESAIKAN ATAU DIPANEUHI. APABILA KLAIM TIDAK DILAYANI, BERARTI TELAH TERJADI SENGKETA ANTARA PIHAK YANG BERKONTRAK.
SENGKETA KONSTRUKSI DAPAT TIMBUL KARENA ANTARA LA IN: KLAIM YANG TIDAK DILAYANI, MISALNYA KELAMBATAN PEMBAYARAN, KELAMBATAN PENYELESAIAN PEKERJAAN, PERBEDAAN PENAFSIRAN DOKUMEN KNTRAK, KETIDAKMAMPUAN BAIK TEKNIS MAUPUN MANAJERIAL DR PARA PIHAK.
PENGERTIAN SENGKETA
SENGKETA KONSTRUKSI ADALAH SENGKETA YANG TERJADI SEHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN SUATU USAHA JASA KONSTRUKSI ANTARA PIHAK-PIHAK YANG TERSEBUT DALAM KONTRAK KONSTRUKSI. (CONSTRUCTION DISPUTE)
SENGKETA KONSTRUKSI DAPAT DISELESAIKAN MELALUI BEBERAPA PILIHAN YANG DISEPAKATI OLEH PARA PIHAK :
- BADAN PERADILAN (PANGADILAN), ATAU
- ARBITRASE (LEMBAGA ATAU AD HOC), ATAU
- ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA (KONSULTASI, NEGOSIASI, MEDIASI, KONSILIASI)
PENYELESAIAN LEWAT ARBITRASE LEBIH DISUKAI D
Tinggalkan komentar